Satu Huruf Saja Sepuluh Kebaikan - Yayasan Takrimul Quran

Yayasan Takrimul Quran

Satu Huruf Saja Sepuluh Kebaikan Takrimul Quran

Satu Huruf Saja Sepuluh Kebaikan

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan Alif Laam Miim satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)

Sahabat yang dimuliakan Allah, mempelajari Al Quran ini, ternyata besar sekali ganjarannya karena dengan membacanya setiap hurufnya akan diganjar 10 kebaikan. Dan sesungguhnya muslim siapapun yang membaca Al Quran baik paham atau tidak paham, maka dia akan mendapatkan ganjaran pahala sebagaimana yang dijanjikan. Dan sesungguhnya kemuliaan Allah Ta’ala itu Maha Luas, meliputi seluruh makhluk, baik orang Arab atau ‘Ajam (yang bukan Arab), baik yang bisa bahasa Arab atau tidak.

Sedangkan ganjaran bagi orang yang mewakafkan/bersedekah kepada orang lain maka akan mendapatkan serupa bahkan lebih berkali-kali lipat.

“Sesungguhnya diantara amal saleh yang mendatangkan pahala setelah orang yang mengamalkannya meninggal dunia adalah; ilmu yang disebarluaskan olehnya, anak saleh yang ditinggalkannya, mushaf (alquran) yang diwariskannya, masjid yang dibangunnya, rumah yang didirikan dengan tujuan dijadikan sebagai tempat bermalam orang yang sedang dalam perjalanan, sungai yang dialirkan guna kepentingan orang banyak, sedekah yang dikeluarkan dari hartanya.” (HR. Ibnu Hibban)

Tinggalkan komentar