Pentingnya Sedekah bagi Kaum Muslim - Yayasan Takrimul Quran

Yayasan Takrimul Quran

Pentingnya Sedekah bagi Kaum Muslim

Pentingnya Sedekah bagi Kaum MuslimSedekah adalah amalan sunnah yang disyariatkan islam, berbeda dengan zakat yang hukumnya adalah wajib, sedekah adalah berbagi harta atau kebaikan kepada orang lain, bersedekah dengan harta yang baik adalah hal yang sangat dianjurkan dikarenakan Alloh SWT itu baik maka tidak diterima sedekah kecuali dengan harta yang baik.

مَنْ تَصَدَّقَ بِعَدْلِ تَمْرَةٍ مِنْ كَسْبٍ طَيِّبٍ وَلاَ يَقْبَلُ اللهُ إِلاَّ الطَّيِّبَ وَإِنَّ اللهَ يَتَقَبَّلُهَا بِيَمِيْنِهِ ثُمَّ يُرَبِّيْهَا لِصَاحِبِهَا كَمَا يُرَبِّيْ أَحَدُكُمْ فُلُوَّهُ حَتَّى تَكُوْنَ مِثْلَ الْجَبَلِ

Barangsiapa yang bersedekah dengan sebutir kurma hasil dari usahanya sendiri yang baik, sedangkan Allah tidak menerima kecuali yang baik saja, maka sungguh Allah akan menerimanya dengan tangan kanan-Nya lalu mengembangkannya untuk pemiliknya sebagaimana seseorang merawat anak kudanya hingga ia menjadi seperti gunung yang besar.” (HR. Bukhari no. 1410 dan Muslim no. 1014)

Bersedekah dengan harta jika dengan niat ikhlas maka hal itu termasuk dengan infak fi sabilillah, bahkan Al-Quran mendahulukan jihad dengan harta dibandingkan jihad dengan jiwa, hal ini dikarenakan jihad dengan harta memiliki manfaat yang sangat luas, hendaknya bagi kaum muslimin tidak menahan hartanya karena disitu ada hak bagi orang lain.

Mengenai perkara pentingnya sedekah sampai-sampai Rasululloh SAW bersabda,

فَاتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَبِكَلِمَةٍ طَيِّبَةٍ

Jagalah diri kalian dari neraka meskipun hanya dengan sedekah setengah biji kurma. Barangsiapa yang tak mendapatkannya, maka ucapkanlah perkataan yang baik.” (HR. Bukhari no. 1413, 3595 dan Muslim no. 1016)

Harta yang disedekahkan pada hakikatnya tidaklah hilang akan tetapi harta tersebut akan dijaga oleh Alloh SWT. Dari sini kita mengetahui akan pentingnya sedekah karena dalam sedekah terdapat manfaat yang akan kita rasakan sendiri, diantara manfaat-manfaat sedekah antara lain sebagai berikut,

1. Perlindungan dari api neraka itulah pentingnya sedekah

Inilah pentingnya sedekah selain kita membagikan harta kepada orang lain disitu juga kita akan dilindungi dari api neraka, jangan pernah meremehkan sedekah walau jumlahnya sekecil apapun maksudnya jika kita hanya mampu sedikit maka sedekahkanlah, karena yang mejadikan sedekah itu bernilai besar atau sedikit adalah niatnya, kecuali jika dia mampu memberikan harta yang banyak maka janganlah sedekah dengan sedikit harta.

Yakinlah bahwa Alloh SWT akan membalasnya dengan pahala yang berlipat ganda, Rasululloh SAW bersabda,

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ كَمَفْحَصِ قَطَاةٍ أَوْ أَصْغَرَ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ

Barangsiapa membangun masjid karena Allah meski sebesar sangkar burung, atau bahkan lebih kecil dari itu, maka Allah akan membangunkan baginya satu istana di surga.” (HR. Ibnu Majah No. 730)

Ingatlah jangan sekali-kali bersedekah dengan harta haram karena hal itu akan sia-sia dan Alloh tidak akan membalasnya sedikitpun malah sebaliknya Alloh akan menyiksanya dikarenakan harta haram yang diperoleh.

Rasululloh SAW bersabda,

إِذَا أَدَّيْتَ زَكَاةَ مَالِكَ فَقَدْ قَضَيْتَ مَا عَلَيْكَ، وَمَنْ جَمَعَ مَالًا حَرَامًا ثُمَّ تَصَدَّقَ مِنْهُ لَمْ يَكُنْ لَهُ فِيهِ أَجْرٌ وَكَانَ إِصْرُهُ عَلَيْهِ

Jika engkau telah menunaikan zakat hartamu maka engkau telah melaksanakan kewajiban dan barang siapa yang mengumpulkan harta dari jalan yang haram, kemudian dia menyedekahkan harta itu, maka sama sekali dia tidak akan memperoleh pahala, bahkan dosa akan menimpanya” (HR. Ibn Khuzaimah dan Ibn Hibban dalam Shahihnya)

2. Salah satu pentingnya sedekah adalah akan dinaungi olehnya pada hari kiamat

Pada saat manusia dibangkitkan di padang mahsyar dimana padang mahsyar adalah tempat yang sangat luas dan datar disitu tidak ada yang namanya naungan tidak ada dataran tinggi dan dataran rendah, semua tidak beralaskan kaki dan matahari didekatkan sedekat-dekatnya dimana pada saat itu ada yang berkeringat sampai betisnya sampai perutnya bahkan menutupi kepalanya dikarenakan kondisi saat itu sangat menegangkan, disitulah ada orang-orang yang sangat beruntung dikarenakan mereka dinaungi oleh sedekahnya.

Rasululloh SAW bersabda,

“Tiap insan akan berada dibawah naungan sedekahnya, sampai dipisah antara sesama insan. Atau beliau mengatakan; ‘Sampai dihukumi manusia”. (HR. Ahmad)

Selama mereka menunggu itu, mereka berada dibawah naungan sedekah mereka yang pada hari matahari didekatkan.

3. Mengobati penyakit jasmani inilah salah satu dari pentingnya sedekah

Ternyata sedekah sangatlah bermanfaat baik bagi batin dan fisik, dan sedekah ada keterkaitannya dengan kesehatan fisik.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

داووا مرضاكم بالصدقة

Obatilah orang-orang yang sakit diantara kamu itu dengan bersedekah.” (Hadits shahih yang dihasankan oleh Al-Albani dalam shahihul jami’ dari Abu Umamah dan Al-Hasan)

Wallohua’lam…

Tinggalkan komentar