Ahlan wa sahlan, Di halaman website sedekah mushaf Yayasan Takrimul Quran !
takrimulquran@gmail.com

Distribusi Al-Qur’an Daerah Banten

Distribusi Al-Qur’an Daerah Banten

Banten memendam sejarah panjang peradaban Nusantara dan Islam, tidak heran jika provinsi ini masih kental dengan tradisi keagamaannya. Pada masa lampau, Banten dikenal sebagai salah satu kerajaan Islam terbesar di Nusantara. Kemahsyuran Kerajaan Banten bahkan merebak hingga ke mancanegara. Dalam buku Sejarah Banten karya Yoseph Iskandar, tahun 2001, disebutkan bahwa akhir masa kejayaan Kesultanan Islam Banten terjadi pada abad ke 17.

Meski tak lagi terdapat Kesultanan Islam Banten, namun keberadaan Islam yang mewarnai kehidupan masyarakat Banten masih terus berlanjut hingga saat ini. Bahkan, keberadaan pesantren yang menghidupkan ruh keislaman di Banten teramat banyak jumlahnya.

Terbukti, meski sudah berulang kali kami melakukan distribusi al-Qur’an ke pesantren-pesantren di wilayah Banten, namun belum jua kita dapat menyalurkan al-Qur’an ke seluruh pesantren yang ada di wilayah Banten. Masih amat banyak. Belum lagi ke lembaga-lembaga Islami. Ini menunjukkan bahwa peran kita untuk membantu mereka yang membutuhkan al-Qur’an baru yang dapat mereka gunakan sebagai sarana belajar dan menghafal ini perlu terus kita dukung selalu.

Alhamdulillah, pada rabu 05-02-2019 kita sekali lagi meluncur untuk melakukan penyaluran wakaf Qur’an ke beberapa pesantren yang berada daerah Banten.

Kita berangkat dari Kantor YATAQU Pkl. 03.00 WIB. Alhamdulillah sampai di tujuan menjelang Dzuhur. Pada kesempatan ini, ada 13 target pesantren yang akan kita datangi.

Alhamdulillah dengan rahmat dari Alloh ta’ala, selama 2 hari dari hari rabu sampai kamis kita dapat mengunjungi seluruh pesantren tersebut dan menyalurkan wakaf al-Qur’an. Tiap pesantren ada yang mendapat 1 paket (20 mushaf), juga ada yang mendapat 2 paket (40 mushaf), tergantung jumlah santri yang terdapat di pesantren tersebut. Berikut pesantren atau lembaga yang kita kunjungi:

  1. Pesantren Al Farhan
  2. Pesantren Al Idrus
  3. Pesantren Al Falah
  4. Pesantren Al Ihsan
  5. Pesantren Darussalam
  6. Pesantren El Karim
  7. Pesantren Kun Karima
  8. Pesantren La Tansa
  9. Pesantren Mathlaul Hidayah
  10. Pesantren Nurul Faizin
  11. Pesantren Nurul Madani
  12. Pesantren Raudhatul Ulum
  13. Pesantren Turus

Sungguh, kita sangat gembira dapat bersilaturahmi dan mengunjungi pesantren-pesantren ini, karena dengannya kita berharap dapat merekatkan ukhuwah dan juga sekaligus dapat melihat bagaimana semangat para santri dalam mempelajari dan menghafal al-Qur’an.

Semoga penyaluran ini dapat menjadi amal yang mulia di sisi Nya, terutama bagi para donatur yang telah mengorbankan hartanya demi terlaksananya program ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat